Amalan Penting Saat Pria Datang Melamar; Wanita Wajib Tahu

saat pria datang melamar

Blog Wanita – Menikahlah dengan niat ibadah. Menikahlah untuk menjalankan sunnah Nabi. Menikahlah untuk menjaga diri dari dosa dan maksiat. Saat pria datang melamar kamu, ada amalan penting yang jangan sampai dilupakan.

Jangan asal menikah. Jangan karena mendapatkan lamaran yang tiba tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu. Ada amalan penting wanita saat pria datang melamar

Bahkan salah satu istri Nabi Muhammad saw melakukan amalan penting ini ketika dilamar oleh baginda Nabi saw. Dia meminta jeda untuk memutuskan, apakah ia mendapatkan lamaran Rasulullah saw atau tidak.

Karenanya, lakukan hal ini sebelum tetapkan untuk mendapatkan lamaran. Zaid bin Haritsah bercerai dengan Zainab binti Jahsy.

Setelah habis masa ‘iddahnya, Nabi Muhammad saw memerintahkan Zaid bin Haritsah untuk mendatangi mantan istrinya itu dalam rangka menyampaikan maksud suci Rasulullah untuk melamar Zainab.

Rupanya, Zaid diperintahkan untuk membawa lamaran Nabi saw, karena keimanan dan percaya Rasulullah saw melakukannya. Sesampainya di rumah Zainab, Zaid memberikan amanah yang dibawanya dari Rasulullah saw.

Kemudian, Zainab mengatakan, “Aku tidak akan berbuat apa-apa hingga saya meminta petunjuk Rabbku.”

Setelah itu, Zainab bergegas untuk mendirikan shalat, meminta petunjuk kepada Allah.

Bayangkan yang datang melamar adalah Rasulullah saw, manusia suci yang segala apa yang dilakukan adalah bersumber dari wahyu, namun zainab tidak serta merta menerima.

Terkait
1 daripada 21

***

Amalan penting saat pria datang melamar

Dari kisah Rasulullah saw itu, banyak pakar memberi dan memetik pelajaran, salah satunya Dr. Thal’at Muhammad. Menurutnya, ‘Afifi Salimi mengatakan, “Ini yaitu dalil antusiasme shahabiyah terhadap shalat istikharah yang mereka pelajari dari Nabi saw sebagaimana halnya mereka berguru setiap surat dari al-Quran.

Inilah amalan penting saat pria datang melamar yang utama itu. Sebuah bentuk perasaan butuh dan pengukuhan akan kelemahan diri kepada Allah Yang Mahakuat. Sebab, Dia Maha Mengetahui, sedangkan insan sama sekali kolot dan amat terbatas pengetahuannya.

Bahkan, seharusnya manusia tak kuasa untuk memilih bagaimana kelangsungan hidupnya dalam sekejap masa yang akan datang.

Dengan meminta petunjuk kepada Allah , maka keraguan akan sirna, dan keyakinan akan terus bertambah.

Karenanya, jalan untuk mewujudkan dan mengarungi kehidupan sesudah ijab kabul pun akan semakin dimudahkan oleh-Nya. Sebab, kehidupan sesudah ijab kabul dipenuhi ujian dan godaan yang berat, sukar, dan penuh tipu daya.

Kesimpulan, saat lamaran datang wanita tidak serta merta menerima atau tidak, meski hati sudah mengatakan iya. Perlu sandaran kepada yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Lakukan shalat istikharah untuk memantapkan hati. kembalikan kepadaNya bahwa lamaran, pernikahan adalah ibadah kepadaNya.

Karenanya pula, menikah diganjari pahala yang agung. Dan, setan laknatullah akan senantiasa melaksanakan aneka macam macam muslihat biar seorang insan urung menikah, berlambat-lambat tanpa alasan yang syar’i, bahkan setan akan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk memisahkan pasangan yang telah sah menikah.

Baca Juga...

Tinggalkan Balasan

Alamat email bersifat pribadi