Home / Tips

Minggu, 26 Juni 2016 - 01:53 WIB

2 Cara Mengetahui Seorang Wanita Bisa Memberikan Keturunan atau Tidak

Blog Wanita – Salah satu tujuan pernikahan adalah untuk mendapatkan keturunan. Sumber keturunan, jelas dari wanita, dari seorang ibu. Olehnya itu penting bagi wanita untuk menjadi wanita yang subur. Penting pula bagi pria untuk mencari wanita yang bisa memberikan keturunan, atau biasa diistilahkan wanita subur

Seorang wanita yang bisa memberikan keturunan atau subur, dalam Islam biasa diistilahkan al-waluud, yang berarti kemampuan seorang wanita memberikan keturunan yang banyak.

Untuk mengetahui apakah seorang wanita tingkat kemambuan memberikan keturunan masuk kategori waluud, dapat dilihat dari dua hal:

Ilustrasi

Pertama, ketahui wanita yang bisa memberikan keturunan dari keluarganya

Wanita tergolong keluarga yang bisa memberikan keturunanatau bukan. Menurut al-Ghazali, hal itu juga bisa dilihat dari kesehatan dan kemudaannya.

 وَيُسْتَحَبُّ وَلُودٌ وَدُودٌ لِخَبَرِ تَزَوَّجُوا الْوَلُودَ الْوَدُودَ فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمْ الْأُمَمَ يوم الْقِيَامَةِ رَوَاهُ أبو دَاوُد وَالْحَاكِمُ وَصَحَّحَ إسْنَادَهُ وَيُعْرَفُ كَوْنُ الْبِكْرِ وَلُودًا وَدُودًا بِأَقَارِبِهَا نَسِيبَةٌ

Dan dianjurkan menikahi wanita yang subur dan penyayang menurut hadits : “Nikahilah wanita yang penyayang lagi mempunyai banyak keturunan, maka bantu-membantu saya akan berbangga-bangga dengan banyaknya kalian di depan umat lainnya pada hari Kiamat.” (HR. Abu Daud, an-Nasa`i dan Ahmad- dengan sanad shahih).

Ilustrasi

Kedua, wanita yang bisa memberikan keturunan adalah adalah wanita yang penyayang

Wanita penyayang dipastikan akan memiliki tingkat kesuburan yang baik. Dan untuk mengetahui wanita penyayang tidak hanya dilihat dari wanita yang bersangkutan, tapi juga dapat diketahui dengan melihat kerabat-kerabatnya yang senasab. (dalam kitab Asnaa al-Mathaalib III/197).

 2ً – أن تكون ولوداً، لحديث: «تزوجوا الودود الولود، فإني مكاثر بكم الأمم يوم القيامة» (2) . ويعرف كون البكر ولوداً بكونها من نساء يعرفن بكثرة الأولاد.

Hendaknya ia bisa memperlihatkan banyak keturunan menurut hadis “Nikahilah wanita yang penyayang lagi mempunyai banyak keturunan, maka bantu-membantu saya akan berbangga-bangga dengan banyaknya kalian di depan umat lainnya pada hari Kiamat.” (HR. Abu Daud, an-Nasa`i dan Ahmad- dengan sanda shahih).

Baca juga:  Tips Mengecilkan Perut Bagi Wanita yang Sudah Menikah

Seorang wanita juga dapat diketahui bisa tingkat kesuburan dan kemampuan menghasilkan keturunan dilihat dari keberadaannya dari kalangan wanita yang mampu banyak memberi keturunan. (Dalam kitab Al-Fiqh al-Islaam IX/7).

قال صلى الله عليه و سلم عليكم بالولود الودود // حديث عليكم بالودود الولود أخرجه أبو داود والنسائي من حديث معقل بن يسار تزوجوا الودود الولود وإسناده صحيح // فإن لم يكن لها زوج و لم يعرف حالها فيراعى صحتها وشبابها فإنها تكون ولودا في الغالب مع هذين الوصفين

Nabi Muhammad saw bersabda: “Nikahilah oleh kalian wanita-wanita yang penyayang dan berperanakan subur,” (HR. Abu Daud dan an-Nasaa-i dari Ma’qil Bin Yasar dengan sanad yang shahih).

Bila seorang wanita belum pernah bersuami dan tidak diketahui tingkat kesuburannya, maka cukup dengan mencermati kesehatan dan kemudaannya alasannya ialah pada umumnya wanita dengan dua sifat tersebut ialah wanita yang subur. (Dalam kitab Ihyaa ‘Uluumiddiin II/41] .

Maksudnya sehat tentu tidak memiliki penyakit. Akan sulit memberikan keturunan jika sakit-sakitan.

Share :

Baca Juga

Tips

Sebagai Istri Lakukan Kebiasaan Ini agar Rezeki Suami Lancar
wanita butuh dimanja

Tips

Ketahuilah! Wanita Itu Luluh dengan Perhatian dan Kata Maaf

Tips

Begini Cara Wanita Menghindari Godaan Laki-laki

Tips

Memutihkan Kulit dengan Tepung Beras yang Mudah. Tips Ini Selain Manjur, Juga Murah dan Aman

Tips

Tips Agar Wanita Tampil Anggun Penuh Pesona dan Percaya Diri

Tips

Tips Mengecilkan Perut Bagi Wanita yang Sudah Menikah

Tips

Wanita Cantik Itu Seperti Ini! Tips Menjadi Wanita Cantik

Tips

6 Tips Menghadapi Sifat dan Perilaku Keras Suami