Masih Banyak Wanita Memakai Jilbab Gaul; Jilbab Gaul itu Bagaimana Sih?

jilbab gaul

Blog Wanita – Jilbab Gaul. Perkembangan busana hijab dan jilbab sangat pesat. Hal ini tentu menggembirakan, semoga mereka yang mulai berjilbab sedikit demi sedikit juga memperbaiki akhlaknya.

Namun, iblis sepertinya tak mau luput dari perannya menggoda manusia, sehingga wanita yang berjilbab pun mereka goda dengan berbisik;

“Kamu makin cantik dengan jilbab model seperti itu.”

“Model itu sudah bagus, tapi kamu makin digemari dengan model ini.”

Tak heran, banyak wanita yang berjilbab tapi lupa dengan aturan berjilbab yang diperintahkan oleh Allah swt dalam al-Quran surah al-Ahzab ayat 59.

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu, dan isteri-isteri orang mukmin agar hendaklah mereka mengulurkan jilbab-jilbab mereka ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, sehingga mereka tidak diganggu/disakiti. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Jilbab yang sejatinya adalah perintah, jilbab yang tujuannya menutup bagian tubuh yang dilarang, jilbab yang tujuannya agar para wanita tidak diganggu, justru bergeser dengan alasan sederhana, “cantik.”

Dari sinilah kemudian lahir jilbab gaul. Awalnya jilbab gaul adalah kata yang disematkan pada remaja yang berjilbab, sehingga mereka menjadi trend, dan diminati teman-temannya.

Seiring berjalan, istilah jilbab gaul memiliki ciri yang khas yang bisa dilihat dari bentuknya;

Muncullah jilbab cekek, yaitu jilbab yang dililit di leher dan ujungnya dibiarkan menjuntai seperti rambut

Kemudian jilbab yang cembung seperti sanggul besar menonjol bak punuk unta
Tak mau ketinggalan jilbab tipis seperti selendang yang hanya melingkar di atas kepala

Model jilbab gaul itu kemudia mereka padu dengan ada pakaian tipis, transparan, ketat sehingga memperlihatkan bayangan lekuk tubuhn.

Jadi bagian atas dibalut dengan jilbab, tapi pakaian kaos ketat, bercelana jeans atau legging yang full pressed body, dan lain sebagainya.

Terkait
1 daripada 21

Sebab munculnya jilbab gaul

Saya melihat, bahwa jilbab gaul ini muncul karena dua sebab utama:

Pertama, karena ingin cantik dengan definisi masing-masing dan memanfaatkan jilbab

Tak dapat dipungkiri, dengan memakai jilbab, aura wajah wanita makin kentara, sehingga kecantikannya makin terasa. Balutan melingkar akan menjadi penghias utama dan membuat wanita kelihatan makin cantik.

Dari sinilah lalu mereka para pengguna jilbab gaul berpikir, memunculkan kecantikan dengan jilbab sekaligus bertahan pakaian bawahan yang dilarang.

Kedua, Trend dan mode yang menutupi syariat

Banyak wanita lupa bahwa berjilbab adalah syariat yang wajib bagi muslimah. Syaratnya sederhana menutup bagian tubuh yang diperintahkan! Hadirnya trend dan model boleh-boleh saja, tapi tidak boleh menutup syarat jilbab itu sendiri.

Kebanyakan wanita yang berjilbab gaul, hanyut oleh buaian keindahan trend dan mode, sehingga lupa kalau mode yang digunakan tidak lagi sesuai syariat

Solusi jilbab gaul

Dalam tulisan saya sebelumnya, solusi jilbab gaul cukup sederhana, dan sebagai tambahan;

Pertama, saat membiasakan anak memakai jilbab syar’i sejak dini, harus dengan keteladanan dari ibunya. Jangan biarkan anak perempuan berjilbab sendiri, temani dia dengan memperlihatkan jilbab yang benar itu bukan jilbab gaul. Dengan begitu anak perempuan kita merasa punya pegangan, punya teman dan merasa tidak sendiri.

Kedua, bagi wanita yang masih pemula berjilbab syar’iy, hindari mereka yang memakai jilbab gaul secara berlebihan, maksudnya masuk dalam kehidupan mereka. Berteman boleh, tapi jangan sampai mereka yang mempengaruhi kamu, usahakan kamulah yang mempengaruhi mereka.

Baca Juga...

Tinggalkan Balasan

Alamat email bersifat pribadi